Langsung ke konten utama

Assessment (Penilaian)

Assessment




Tujuan assessment itu untuk apa?
Tujuannya yaitu untuk mengetahui sejauh mana kemampuan anak terhadap pengajaran sebelum dan sesudahnya.

Kapan saja waktunya?
Untuk mengetahui waktunya kapan saja, akan dijelaskan dibawah ini.


Ciri-ciri assesment Pre dan Post :
1.   Langsung diberitahu tahu pada anak kesalahannya.
2.   Tidak formal (dilakukan secara tidak formal)
3.   Caranya mencari data dengan observasi, tanya jawab dan pengajaran langsung (saat belajar, dan ada kesalahan saat itu juga anak diberitahu akan kesalahannya atau dengan kata lain adanya bimbingan).
4.   Sering dilakukan
5.   Anak tidak sadar
6.   Tujuannya adalah anak belajar
7.   Dapat mengetahui efektif atau tidak pembelajaran
8.   Resikonya tidak tinggi (Low Stake/ dampak rendah)
9.   Ada bimbingan dari guru
10.                 Anak tidak memiliki persiapan 



Ciri-ciri Pre dan Post :
1.   Waktu tertentu
2.   Anak sadar sedang di assess
3.   Bentuknya soal
4.   Tidak ada bimbingan
5.   Ada persiapan
6.   Mengetahui sejauh mana tujuan pembelajaran tercapai
7.   Member tahu anak-anak dan orang tua
8.   Efeknya besar ketika tujuan tidak tercapai (high stake), apalagi terhadap psikologi anak karena kadang mendapat pelabelan dari lingkungan.

Jenis assesment ada dua jenis yaitu:
1.      Berdasarkan waktu pengambilan data assessment
a.       Secara nonformal yang dilaksanakan secara sering (biasa disebut tes Formatif) dan
b.      Dilakukan lebih formal pada waktu tertentu (biasanya disebut tes Summative).
2.      Berdasarkan tujuan penggunaan assessment
a.      Untuk melihat sejauh mana perkembangan anak-anak (Formatif dan summative)
b.      Untuk melihat sejauh mana pengajaran yang dilakukan oleh guru (evaluative) dan untuk perbaikan guru dalam merancang rancangan pembelajaran selanjutnya.



Jadi, ketika guru akan membuat soal kognitif maka tipe ujiannya harus dalam bentuk soal-soal kognitif begitupun untuk tipe yang lainnya. Untuk soalnya juga disesuaikan dengan tingkat kognitif siswa.
Kebanyakan yang terjadi dilapangan adalah assesment yang sering digunakan yaitu tipe ujian kognitif sedangkan yang lainnya diabaikan, untuk itulah sebagai guru kita harus mengembangkan semua assesment agar semua aspek kecerdasan anak dinilai tidak hanya kognitifnya saja.





Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Belajar bahasa Korea] Huruf Korea (Hangul)

Konsonan : §   ㄱ   ==> G §   ㄴ   ==> N §   ㄷ   ==> D §   ㄹ   ==>  R §   ㅁ   ==>  M §   ㅂ   ==>  B §   ㅅ   ==>  S §   ㅇ   ==>  NG §   ㅈ   ==> J §   ㅊ   ==> CH §   ㅋ   ==> Q §   ㅌ   ==> TH §   ㅍ   ==> PH §   ㅎ   ==> H §   ㄲ   ==> K §   ㄸ   ==> T §   ㅃ   ==> P §   ㅆ   ==> SS §   ㅉ   ==> C Catatan : Untuk konsonan ㄱ , ㄷ , ㅂ , ㅅ , dan ㅈ bila terletak pada awal kata akan di baca double ( ㄲ , ㄸ , ㅃ , ㅆ , dan ㅉ ) Vokal : §   아    ==> A      : Anak §   야    ==> YA   : Ya §   어    ==> Oe    : Order, Cowok §   여    ==> Yoe : Yogyakarta §   오    ==> O       : Go §   요    ==> Yo   : Loyo §   우    ==> U      : Untuk §   유    ==> YU   : Sayur §   으    ==> EU    : Enyah §   이    ==> I        : Indah §   애    ==> AE    : Elok §   얘    ==> YAE §   에    ==> E       : Enak §   예    ==> YE §   외    ==> OI ==> WE ( merupak

MUSIK DAN GHAZWUL FIKRI: Illuminati Dalam Lirik Lagu Dan Musik Video Lagu Boyband Shinee dan Exo

MUSIK DAN GHAZWUL FIKRI: Illuminati Dalam Lirik Lagu Dan Musik Video Lagu Boyband Shinee dan Exo Diajukan untuk memenuhi salah satu tugas pada mata kuliah Seminar Pendidikan Agama Islam oleh Desi Irmayanti BAB I PENDAHULUAN A.            LatarBelakang Industri hiburan saat ini sangat marak digemari terutama karena faktor kejenuhan yang dialami oleh manusia, oleh sebab itu manusia lebih memilih meluangkan waktunya untuk mencari hiburan dan kesenangan demi   menghindari stress. Industri hiburan sendiri ada yang berupa permainan seperti taman bermain atau wisata alam, permainan ( games ), serta ada yang berupa media elektonik seperti televisi dan musik. Yang saat ini bisa kita jumpai adalah maraknya industri musik yang masuk ke Indonesia, jika kita menaiki kendaraan umum banyak sekali orang yang menutup telinganya dengan headset dan tayangan televisipun dipenuhi oleh acara musik. Industri musik yang sedang menjamur dibelahan dunia ini adalah musik yang berasal dari n

STUDI ETHNOMATHEMATICS LIDIMATIKA DALAM KONSEP PERKALIAN PADA SISWA KELAS IV SDIT WIDIYA CENDIKIA, Serang-Banten

ini adalah tulisan salah satu tugas mata kuliah sewaktu semester 7, tahun 2013 semoga bisa bermanfaat dan menjadi salah satu referensi bagi yang mau menulis tentang ethnomathemaric ^^ STUDI ETHNOMATHEMATICS LIDIMATIKA DALAM KONSEP PERKALIAN PADA SISWA KELAS IV SDIT WIDIYA CENDIKIA oleh Desi Irmayanti  A.   PENDAHULUAN Matematika sebagai ilmu yang terstruktur dan sistematis, sebagai suatu kegiatan manusia melalui proses yang aktif, dinamis, dan generatif, serta sebagai ilmu yang mengembangkan sikap berpikir kritis, objektif dan terbuka menjadi sangat penting untuk dimiliki seseorang dalam menghadapi perkembangan IPTEK yang terus berkembang saat ini. Ditambah dengan menghadapi kurikulum yang semakin berkembang, untuk konsep sendiri matematika tidak akan jauh berbeda dari sebelumnya hanya saja akan ada metode yang terus berkembang sebagai inovasi pembelajaran matematika, seperti halnya menyesuaikan dengan kurikulum yang berubah dari KTSP menjadi kurikulum berkarakter yang mula