Dalam
diskusi hari ini 13 Desember 2014 dari semingguan berpikir tentang apa itu
belajar dan mengajar, didapatlah beberapa definisi tentang belajar dan
mengajar. Sebelum menjabarkan definisi yang didapatkan dari mana, terlebih
dahulu akan dijelaskan cara mendapatkannya yaitu dengan menggunakan TIM SKILL, look it at another way and highlight the essence, atau melihat dari
perspektif berbeda ketika kita menjadi orang yang belajar dan mengajar. Melalui
tahapan exploring learning dengan pertanyaan pancingan sebagai berikut:
Exploring learning
Think
yourself as a learner.
1. Name two things that you know/ know
how to do.
2. How do you know you know/ know how
to do it?
3. How did you come to know/know how
to do it?
4. Highlight the essence: what is
learning?
Think
of yourself as a teacher.
1. Name two things that you have
taught.
2. What was the purpose of your
teaching?
3. How do you know your teaching was
successful?
4. Highlight the essence: what is
learning?
Dan hasilnya (3 orang)
adalah sebagai berikut:
BELAJAR
|
MENGAJAR
|
|
D
|
Kegiatan mencari ilmu
pengetahuan dengan berbagai cara (mencari referensi, bertanya pada dari yang
ahli, obsercasi dan latihan memecahkan masalah).
|
Memberikan pengetahuan
baru kepada siswa dengan berbagai persiapan (pengetahuan, material, dll)
dengan tujuan agar siswa dapat belajar.
|
I
|
Seseorang yang melakukan
usaha melalui pengalaman untuk mencapai kedewasaan diri.
|
Memberikan usaha
dalam berpikir sehingga dapat mendewasakan manusia dalam berprilaku (sikap)
dikehidupan nyata.
|
E
|
Proses perubahan dari
yang tidak tahu menjadi tahu, dari yang tidak bisa menjadi bisa dengan
berbagai faktor.
|
Pengetahuan yang
sudah dimiliki --> Ilmu mengajar--> Pengalaman--> Transfer ilmu
|
Setelah
membaca kembali definisi yang sudah didapatkan dari pemikiran tiga orang,
saatnya menganalisa hasilnya ternyata:
a. Dilihat
dari semua definisi diatas, semuanya mengandung kata kerja tetapi kata kerjanya
belum dijelaskan secara spesifik (masih umum). Dapat pembelajaran juga, kalau
mau mendeskripsikan sesuatu hal buatlah yang spesifik agar tidak ada pertanyaan
lain.
b. Bila
dilihat dari definisinya, definisi tentang belajar lebih luas dari pada
mengajar, dimana orang sebagai pembelajar bisa mendapatkan pengetahuan tidak
hanya dari pengajar tapi juga dari observasi, baca referensi dan lainnya.
c. Proses
pembelajaran dihasilkan dari motivasi seseorang untuk belajar dan ada yang
membantunya melewati proses pembelajaran yaitu pengajar.
d. Pengajar
memiliki tujuan pembelajaran, tapi yang menentukan kesuksesan pembelajaran
adalah yang belajar.
e. Dari
sinilah kita bisa melihat bahwa seorang guru menjadi fasilitator, sumber
pengetahuan, teladan dan environment
design (pembuat lingkungan).
Adakah kaitannya antara belajar dan mengajar? Kalau dilihat dari definisi yang dikemukakan oleh kita bertiga diatas, tidak ada kaitannya antara belajar dan belajar walaupun dari kata kerja yang digunakan seperti ada kaitannya. Setelah diuraikan, malah tidak berkaitan.
Sebelum menyimpulkan kaitan belajar dan mengajar setelah diskusi kita simpulkan dahulu pengertian dari belajar dan mengajar:
Belajar
adalah berbagai cara/strategi yang berbeda untuk menghasilkan perubahan atau
perkembangan.
Mengajar
adalah memberikan pengetahuan tentang strategi/cara belajar dan juga ilmu
pengetahuan.
Kalau sudah mendapatkan definisi sebenarnya, maka dapat disimpulkan bahwa belajar dan mengajar sebenarnya ada kaitannya. Belajar mempelajari cara-cara untuk mendapatkan perubahan/perkembangan, sedangkan mengajar adalah kegiatan dalam memberikan pengetahuan strategi belajar maupun pengetahuan yang dibutuhkan pelajar.
Komentar
Posting Komentar