Langsung ke konten utama

KBC (Klub Belajar CREDO)


KBC (Klub Belajar CREDO)
Melihat kembali pada pembahasan visi dan misi KBC, apa yang telah tertulis di visi misi dengan apa yang terjadi dilapangan ternyata sama dengan yang tertulis. Di KBC juga mengembangkan pemikiran kreatif sesuai dengan visi dari CREDO sendiri A Very Creatif Indonesia dengan mengembangkan kemampuan berpikir kreatif TIM Skill diantaranya memberikan kebebasan kepada anak ketika mengeluarkan pendapat atau ide dalam memecahkan masalah yang terjadi dengan penggunaan open ended question contohnya ketika temannya menangis dan yang lain memberikan ide bagaimana membuat temannya tidak menangis lagi dan melaksanankan ide-ide tersebut. Anak-anak juga diberikan tanggung jawab menjadi petugas disetiap minggu dengan pembagian tugas yang berbeda, bertanggung jawab membereskan mainannya dan menjaga kebersihan lingkungan hal tersebut melatih anak untuk bertanggung jawab dan mandiri. Anak-anak diajarkan untuk berani mengambil resiko seperti berani bertanya, tidak takut salah atau ditertawakan oleh temannya karena adanya kesepakatan kelas yang telah dibuat dan konsisten dipatuhi dan mereka juga sadar untuk menghormati temannya dan tahu bagaimana bertanggung jawab dengan perbuatannya sendiri. Setiap ada konflik, guru memberikan arahan agar anak bisa menyelesaikannya sendiri atau dibantu oleh guru lain dalam menyelesaikan masalahnya. Anak-anak juga bebas bereksplorasi dengan benda-benda yang ada dilingkungannya mengamati dan memberikan kesempatan anak untuk menggunakan panca inderanya, anak-anak juga diajarkan untuk berimajinasi sebagai salah satu sarana anak dalam mengekspresikan diri ataupun melatih visualisasi anak dalam menumpahkan ide atau gambaran yang ada dipikirannya.
Berdasarkan teori-teori pendidikan anak usia dini dan melihat bagaimana pembelajaran di KBC sendiri selama tiga bulan ini, di KBC mengembangkan kemampuan anak-anak tumbuh dan berkembang sesuai dengan tingkatan perkembangan anak. Anak-anak mempelajari sikap dan perilaku yang ada dimasyarakat terutama norma-norma kesopanan. Belajar mengembangkan motorik halus dan motorik kasar serta pengembangan keseimbangan otak kanan dan otak kiri. Semua guru-guru di KBC juga memberikan kepercayaan kepada anak-anak bahwa anak-anak dapat berkembang, walaupun tidak memiliki kesamaan yang homogen tetapi setiap anak dapat berkembang dan dengan bantuan guru-guru tingkat perkembangan anak yang berbeda-beda bisa dikembangkan. Setiap guru memiliki peran masing-masing dalam kelompok tingkat kemampuan anak, mengajarkan dan mendidik setiap anak dalam kelompoknya dengan memperhatikan berbagai aspek dari manajemen class room, media pembelajaran, materi ajar serta perkembangan tiap individu. Setelah proses pembelajaran juga ada diskusi tentang kelebihan dan kekurangan pembelajaran setiap akhir kelas, hal ini sangat berguna sebagai refleksi dalam mengembangkan pembelajaran yang sudah berjalan dengan baik dan memperbaiki kekurangan dalam pembelajaran. Staff yang lain juga mendukung proses pembelajaran di KBC, staff asisten guru membantu menyiapkan  media pembelajaran dan ada juga yang bertugas mendokumentasikan pembelajaran di KBC. Dokumentasi yang berupa foto serta video diolah menjadi bahan penelitian oleh para training Literasi dan menjadi materi pelatihan untuk dishare ke guru-guru PAUD, hal ini sangat bermanfaat juga dalam penyebaran ilmu pengetahuan dan pembelajaran bagi guru-guru lainnya.
Kurikulum yang ada di KBC mengadaptasi dari berbagai sumber teori pembelajaran anak usia dini, dan juga dari kurikulum beberapa negara. Setelah pembelajaran selalu ada diskusi semua guru, dari situ kurrikulum yang dibuat jika ada kekurangan bisa direvisi dan dikembangkan kembali. Jadi kurikulum yang dipakai terus berkembang seiring dengan apa yang terjadi dilapangan. Begitu pula dengan lesson plan yang dibuat bisa bersifat fleksibel ketika ada hal yang masih harus dibahas dikemudian hari maka akan dimasukan kembali, ataupun memasukan ide-ide yang baru dipembelajaran selanjutnya.
Pengajaran guru di KBC sudah baik sekali, guru memberikan teladan bagi muridnya, memberikan materi berdasarkan lesson plan yang dibuat tapi juga fleksibel ketika memang ada sesuatu yang terjadi terhadap anak-anak ataupun kondisi waktu yang tidak memungkinkan. Jadi pengajaran guru di KBC bersifat fleksibel tapi tetap mengacu pada tujuan pembelajaran, juga ketegasan dan kesepakatan kelas yang selalu ditekankan sehingga guru bisa mengkondisikan anak dengan baik. Kerjasama dengan orang tua juga merupakan faktor pendukung perkembangan anak,  jadi KBC membuat komunitas belajar tidak hanya teacher centered ataupun student centered saja tapi juga melibatkan orang tua sebagai pembimbing anaknya dirumah sehingga ilmu yang didapatkan anak-anak di sekolah bisa diajarkan pula oleh orang tuanya dirumah.
Manajemen tata ruang kelas di KBC sudah baik, mulai dari pembagian ruang kumpul, ruang baca, ruang belajar serta ruang bermain. Keadaan ruangan yang ada disulap menjadi lingkungan yang aman untuk siswa belajar, bermain, nyaman untuk membaca buku dengan koleksi buku cerita yang banyak dan juga untuk siswa yang senang menggambar disediakan scraft paper dan alat tulis lainnya ditempat yang bisa ditemukan anak-anak. Peralatan yang dipakai anak-anak juga sesuai dengan montessori yaitu peralatan yang dipakai anak-anak sesuai dengan ukuran anak-anak tanpa menghilangkan fungsi utamanya, misalnya kursi, meja, gunting yang dipakai anak-anak sesuai dengan ukuran tubuhnya.
KBC merupakan tempat yang ideal untuk belajar dan mengajar, karena lingkungannya yang dibuat nyaman untuk semuanya baik anak-anak, guru-guru maupun staff. Rasa kekeluargaan yang erat, saling menghargai satu sama lain, saling menjadi teladan, kerjasama dengan orang tua juga sangat baik membuat KBC patut untuk menjadi contoh sekolah paud yang lainnya.
KBC terletak di jalan Peramata Hijau Raya blok D1-4 (Gedung Hero lantai 4), Jakarta Selatan 12210. Email: yyncredo@gmail.com atau kunjungi website www.credofoundation.org

Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Belajar bahasa Korea] Huruf Korea (Hangul)

Konsonan : §   ㄱ   ==> G §   ㄴ   ==> N §   ㄷ   ==> D §   ㄹ   ==>  R §   ㅁ   ==>  M §   ㅂ   ==>  B §   ㅅ   ==>  S §   ㅇ   ==>  NG §   ㅈ   ==> J §   ㅊ   ==> CH §   ㅋ   ==> Q §   ㅌ   ==> TH §   ㅍ   ==> PH §   ㅎ   ==> H §   ㄲ   ==> K §   ㄸ   ==> T §   ㅃ   ==> P §   ㅆ   ==> SS §   ㅉ   ==> C Catatan : Untuk konsonan ㄱ , ㄷ , ㅂ , ㅅ , dan ㅈ bila terletak pada awal kata akan di baca double ( ㄲ , ㄸ , ㅃ , ㅆ , dan ㅉ ) Vokal : §   아    ==> A      : Anak §   야    ==> YA   : Ya §   어    ==> Oe    : Order, Cowok §   여    ==> Yoe : Yogyakarta §   오    ==> O       : Go §   요    ==> Yo   : Loyo §   우    ==> U      : Untuk §   유    ==> YU   : Sayur §   으    ==> EU    : Enyah §   이    ==> I        : Indah §   애    ==> AE    : Elok §   얘    ==> YAE §   에    ==> E       : Enak §   예    ==> YE §   외    ==> OI ==> WE ( merupak

MUSIK DAN GHAZWUL FIKRI: Illuminati Dalam Lirik Lagu Dan Musik Video Lagu Boyband Shinee dan Exo

MUSIK DAN GHAZWUL FIKRI: Illuminati Dalam Lirik Lagu Dan Musik Video Lagu Boyband Shinee dan Exo Diajukan untuk memenuhi salah satu tugas pada mata kuliah Seminar Pendidikan Agama Islam oleh Desi Irmayanti BAB I PENDAHULUAN A.            LatarBelakang Industri hiburan saat ini sangat marak digemari terutama karena faktor kejenuhan yang dialami oleh manusia, oleh sebab itu manusia lebih memilih meluangkan waktunya untuk mencari hiburan dan kesenangan demi   menghindari stress. Industri hiburan sendiri ada yang berupa permainan seperti taman bermain atau wisata alam, permainan ( games ), serta ada yang berupa media elektonik seperti televisi dan musik. Yang saat ini bisa kita jumpai adalah maraknya industri musik yang masuk ke Indonesia, jika kita menaiki kendaraan umum banyak sekali orang yang menutup telinganya dengan headset dan tayangan televisipun dipenuhi oleh acara musik. Industri musik yang sedang menjamur dibelahan dunia ini adalah musik yang berasal dari n

STUDI ETHNOMATHEMATICS LIDIMATIKA DALAM KONSEP PERKALIAN PADA SISWA KELAS IV SDIT WIDIYA CENDIKIA, Serang-Banten

ini adalah tulisan salah satu tugas mata kuliah sewaktu semester 7, tahun 2013 semoga bisa bermanfaat dan menjadi salah satu referensi bagi yang mau menulis tentang ethnomathemaric ^^ STUDI ETHNOMATHEMATICS LIDIMATIKA DALAM KONSEP PERKALIAN PADA SISWA KELAS IV SDIT WIDIYA CENDIKIA oleh Desi Irmayanti  A.   PENDAHULUAN Matematika sebagai ilmu yang terstruktur dan sistematis, sebagai suatu kegiatan manusia melalui proses yang aktif, dinamis, dan generatif, serta sebagai ilmu yang mengembangkan sikap berpikir kritis, objektif dan terbuka menjadi sangat penting untuk dimiliki seseorang dalam menghadapi perkembangan IPTEK yang terus berkembang saat ini. Ditambah dengan menghadapi kurikulum yang semakin berkembang, untuk konsep sendiri matematika tidak akan jauh berbeda dari sebelumnya hanya saja akan ada metode yang terus berkembang sebagai inovasi pembelajaran matematika, seperti halnya menyesuaikan dengan kurikulum yang berubah dari KTSP menjadi kurikulum berkarakter yang mula