Langsung ke konten utama

Makna Profesional bagi Seorang Guru


Makna Profesional bagi Seorang Guru
Oleh Desi Irmayanti dan tim


Untuk menuliskan ini semua diantaranya hasil dari beberapa literature untuk mencari definisi profesional, refleksi dengan membayangkan menjadi profesi dalam bidang lain dan juga dari diskusi mencari intisari dari kata profesional.

1.   Arti profesional dari beberapa sumber:
Tesaurus
Profesional: ahli, berpengalaman, cakap, kompeten, terlatih

Wikipedia bahasa Indonesia
Seorang profesional adalah seseorang yang menawarkan jasa atau layanan sesuai dengan protokol dan peraturan dalam bidang yang dijalaninya dan menerima gaji sebagai upah atas jasanya.

Profesional yang mempunyai makna yaitu berhubungan dengan profesi dan memerlukan kepandaian khusus untuk menjalankannya, (KBBI, 1994).

2.    Aplikasi kata profesional dalam beberapa profesi:
a.     Dokter: mempunyai keahlian dalam mengobati pasien, selalu siap siaga di rumah sakit (disiplin), memberikan servis terbaik untuk pasiennya, terlatih dengan banyaknya menangani pasien
      Professional: melakukan sesuatu dengan optimal sesuai standar kompetensinya (Rika, Dokter)
b. Pilot: memiliki keahlian dalam mengendalikan pesawat dan memeriksa keadaan cuaca serta arah lalu lintas pesawat, disiplin dalam mematuhi jam penerbangan, cekatan, mengantarkan penerbangan ke tempat tujuan penumpangnya
c. Petugas kebersihan sampah: Disiplin melakukan rutinitas mengumpulkan sampah dan  cekatan dalam bekerja
d. Koki di warung: memberikan jasa dengan membuat masakan yang enak untuk pelanggannya

3.    What are the common themes in being professional? to whose benefit it for someone to be professional in their profession?
(Apakah tema umum dalam menjadi profesional? untuk keuntungan siapa itu bagi seseorang untuk menjadi profesional dalam profesi mereka?)

1. Disiplin
2. Memberikan jasa sesuai dengan keahliannya
3. Cekatan/flexibel
4. Berpengalaman
Keuntungannya untuk kualitas dirinya dan juga untuk orang yang mendapatkan jasa dari pelaku profesional tersebut.

4.    Using the common themes you have generated for being professioanl. List down what behaviours would expect from a professioal teacher
(Gunakan tema utama yang Anda telah hasilkan untuk menjadi profesional. Daftar ke perilaku apa yang diharapkan dari seorang guru yang profesional)

1. Memberikan yang terbaik untuk muridnya (teladan)
2. Disiplin waktu dan disiplin dengan keteraturan yang sudah dibuat (konsisten)
3. Cekatan dalam menangani masalah yang terjadi didalam kelas
4. Pengalaman yang bertambah setiap hari dan memperbaiki kesalahan dan      meningkatkan yang sudah baik misalnya dalam hal cara mengajar.


5.    Is it important to be professional as the teacher? Why? (think: whose benefit is it for in being professional as the teacher?)
(Apakah penting untuk menjadi profesional sebagai guru? Mengapa? (berpikir: yang manfaat adalah untuk untuk menjadi profesional sebagai guru?)

Penting sekali karena dapat bermanfaat untuk gurunya dengan banyaknya pengalaman yang didapat dan menambah pengetahuan baru guru, serta bermanfaat juga untuk muridnya karena guru professional memberikan yang terbaik dan memikirkan bagaimana muridnya dimasa depan dengan membekali pengetahuan dan pengalaman kepada muridnya dikelas.


6. What are the consequences for being the student of a teacher who is not professional?
(Apa konsekuensi untuk menjadi siswa dari guru yang tidak profesional?)

Kalau misalnya gurunya tidak professional maka muridnya akan
Ø  Belajar hanya menghafal pelajaran, karena gurunya hanya mendikte
Ø  Tidak tahu bagaimana bersikap apalagi untuk aplikasi di lingkungan masyarakat
Ø  Ketika guru tidak siap dengan material pembelajaran, maka murid akan mendapatkan pengetahuan seadanya
Ø  Anak terbiasa mendapatkan apa yang diberi tahu oleh guru
Ø  Anak tidak tidak melakukan tugasnya secara konsisten
Ø  Dan masih banyak hal lain yang menjadi dampaknya.

Kesimpulan dan tambahan yang didapatkan dari hasil diskusi:
Setelah berdiskusi maka didapat beberapa poin penting dalam menjadi seseorang yang profesional yaitu:
1.      Memiliki pengetahuan dasar/minimal dan juga pengetahuan spesialis
       Seseorang yang profesional, harus memiliki pengetahuan dasar sebagai acuan dalam melakukan aktivitasnya. Juga wajib memiliki pengetahuan spesialis dalam menunjang pekerjaannya agar lebih optimal.
2.      Mandiri
       Memiliki sikap yang fleksibel, konsisten, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan sendiri. 
3.      Mematuhi peraturan
      Disiplin dalam mematuhi peraturan secara konsisten walaupun tidak ada peraturan eksplisit dalam lingkungan kerjanya.
4.      Bertanggung jawab sesuai dengan bidangnya (pekerjaannya)
       Bertanggung jawab atas apa yang ia kerjakan dan mengerjakannya secara maksimal.
5.      Memiliki tujuan yang jelas serta ada batasannya
       Mengetahui tujuan dari apa yang dilakukan serta tahu batasan dari pekerjaannya itu (memiliki kontrol diri dengan acuan kode etik profesi).
6.      Etika bekerja sama
       Memiliki etika ketika bekerja dalam tim, tidak menempatkan ego sendiri tapi bersifat terbuka terhadap kerja tim

Jadi profesional itu adalah seseorang yang memiliki pengetahuan spesialis yang mandiri, mematuhi kode etik profesinya, bertanggung jawab, memiliki tujuan disertai batasannya dan etika dalam bekerja sama.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Belajar bahasa Korea] Huruf Korea (Hangul)

Konsonan : §   ㄱ   ==> G §   ㄴ   ==> N §   ㄷ   ==> D §   ㄹ   ==>  R §   ㅁ   ==>  M §   ㅂ   ==>  B §   ㅅ   ==>  S §   ㅇ   ==>  NG §   ㅈ   ==> J §   ㅊ   ==> CH §   ㅋ   ==> Q §   ㅌ   ==> TH §   ㅍ   ==> PH §   ㅎ   ==> H §   ㄲ   ==> K §   ㄸ   ==> T §   ㅃ   ==> P §   ㅆ   ==> SS §   ㅉ   ==> C Catatan : Untuk konsonan ㄱ , ㄷ , ㅂ , ㅅ , dan ㅈ bila terletak pada awal kata akan di baca double ( ㄲ , ㄸ , ㅃ , ㅆ , dan ㅉ ) Vokal : §   아    ==> A      : Anak §   야    ==> YA   : Ya §   어    ==> Oe    : Order, Cowok §   여    ==> Yoe : Yogyakarta §   오    ==> O       : Go §   요    ==> Yo   : Loyo §   우    ==> U      : Untuk §   유    ==> YU   : Sayur §   으    ==> EU    : Enyah §   이    ==> I        : Indah §   애    ==> AE    : Elok §   얘    ==> YAE §   에    ==> E       : Enak §   예    ==> YE §   외    ==> OI ==> WE ( merupak

MUSIK DAN GHAZWUL FIKRI: Illuminati Dalam Lirik Lagu Dan Musik Video Lagu Boyband Shinee dan Exo

MUSIK DAN GHAZWUL FIKRI: Illuminati Dalam Lirik Lagu Dan Musik Video Lagu Boyband Shinee dan Exo Diajukan untuk memenuhi salah satu tugas pada mata kuliah Seminar Pendidikan Agama Islam oleh Desi Irmayanti BAB I PENDAHULUAN A.            LatarBelakang Industri hiburan saat ini sangat marak digemari terutama karena faktor kejenuhan yang dialami oleh manusia, oleh sebab itu manusia lebih memilih meluangkan waktunya untuk mencari hiburan dan kesenangan demi   menghindari stress. Industri hiburan sendiri ada yang berupa permainan seperti taman bermain atau wisata alam, permainan ( games ), serta ada yang berupa media elektonik seperti televisi dan musik. Yang saat ini bisa kita jumpai adalah maraknya industri musik yang masuk ke Indonesia, jika kita menaiki kendaraan umum banyak sekali orang yang menutup telinganya dengan headset dan tayangan televisipun dipenuhi oleh acara musik. Industri musik yang sedang menjamur dibelahan dunia ini adalah musik yang berasal dari n

STUDI ETHNOMATHEMATICS LIDIMATIKA DALAM KONSEP PERKALIAN PADA SISWA KELAS IV SDIT WIDIYA CENDIKIA, Serang-Banten

ini adalah tulisan salah satu tugas mata kuliah sewaktu semester 7, tahun 2013 semoga bisa bermanfaat dan menjadi salah satu referensi bagi yang mau menulis tentang ethnomathemaric ^^ STUDI ETHNOMATHEMATICS LIDIMATIKA DALAM KONSEP PERKALIAN PADA SISWA KELAS IV SDIT WIDIYA CENDIKIA oleh Desi Irmayanti  A.   PENDAHULUAN Matematika sebagai ilmu yang terstruktur dan sistematis, sebagai suatu kegiatan manusia melalui proses yang aktif, dinamis, dan generatif, serta sebagai ilmu yang mengembangkan sikap berpikir kritis, objektif dan terbuka menjadi sangat penting untuk dimiliki seseorang dalam menghadapi perkembangan IPTEK yang terus berkembang saat ini. Ditambah dengan menghadapi kurikulum yang semakin berkembang, untuk konsep sendiri matematika tidak akan jauh berbeda dari sebelumnya hanya saja akan ada metode yang terus berkembang sebagai inovasi pembelajaran matematika, seperti halnya menyesuaikan dengan kurikulum yang berubah dari KTSP menjadi kurikulum berkarakter yang mula