Langsung ke konten utama

APA KATA PIAGET

APA KATA PIAGET


Kutipan dari teori Piaget, hasil baca dari beberapa bahan bacaan dan tambahan penjelasan tentang teori Piaget dari diskusi 30 Agustus 2014.
Beberapa kutipan apa yang Piaget katakan dalam buku Theories of Childhood
The teacher organizer should know not only his own science but also be well versed in the details of the development of the child’s or adolesencent’s mind” jadi seorang guru tidak hanya berpengetahuan atau memiliki pengetahuan tentang pelajaran saja, namun ia juga harus tahu tentang perkembangan pemikiran anak-anak maupun remaja.
the child’s interaction with his environment are what create learning” interaksi antara anak-anak dan lingkungan akan membuat sebuah pelajaran untuk anak-anak, tidak hanya pengalamannya bersama dengan lingkungan tapi juga diimbangi dengan interaksi yang mereka ciptakan.
Children best learning when doing the work themselves and creating their own understanding of what’s going on, instead of being given explanations by adults” waktu terbaik untuk anak-anak adalah ketika mereka melakukan suatu pekerjaannya sendiri dan menciptakan pemahaman sendiri tanpa disertai penjelasan orang dewasa.
Piaget believe that children learn only when their curiosity is not fully satisfied. The best strategy for preschool curriculum is to keep children curios, make them wonder and offer them real problem-solving challenges, rather than giving them information”.  Piaget percaya kalau anak-anak belajar ketika rasa ingin tahu mereka belum terpuaskan, oleh karena itu strategi yang paling bagus menurutnya adalah menjaga rasa ingin tahu anak-anak, membuat mereka selalu bertanya-tanya dan memberikan masalah nyata sambil memecahkannya bersama anak-anak, dari pada langsung memberikan informasi kepada mereka. 
Piaget also stressed the importance of play as an important avenue for learning, they make sence of the objects and activities that surround them”. Piaget menekankan bahwa bermain sama pentingnya dengan belajar, karena dengan bermain anak-anak mendapatkan banyak pelajaran baik dari objek permainan maupun aktivitasnya.
He not believe that teacher can “teach” young children to understand concept” Piaget berkeyakinan kalau guru tidak bisa mengajarkan anak-anak untuk mengerti konsep, karena menurutnya anak dapat menemukan sendiri dengan interaksinya bersama lingkungan.
Intelectual child growth based on physical development, ini dia tahapan periode perkembangan kognitif menurut Piaget berdasarkan perkembangan fisik anak:
1.      Tahap Sensorimotor (0-18 bulan), dimana bayi mengkoordinasikan pengalaman inderanya dengan gerak motoriknya secara reflektif.
2.      Tahap Preoperational (18 bulan- 6 tahun), tahapan dimana anak mulai merepresentasikan dunia dengan kata dan gambar. Mereka mulai mengenal benda-benda konkret untuk membantu memahami pembelajaran, tapi mereka fokus kepada satu karakteristik kelompok benda dengan mengabaikan karakteristik benda yang lainnya. Misalnya mereka disuruh memisahkan benda yang sesuai kelompoknya (lingkaran, segitiga, persegi, dan persegi panjang yang berwarna-warni), anak hanya dapat mengelompokkan benda-benda yang berwarna merah saja.
3.      Tahap Concrete operational (6 tahun – 12 tahun), tahap ini dimana anak mulai mengenal simbol-simbol, dan anak sudah bisa mengklasifikasina objek ke dalam kelompok yang berbeda-beda.
4.      Tahap Formal operational (12-dewasa), remaja berpikir lebih abstrak dan logis.
Inti dari teori Piaget ada pada kata “pengalaman” dan “interaksi”, dimana anak mengalami langsung proses pembelajaran dan berinteraksi dengan lingkungannya tersebut maka itulah yang dikatakan dengan belajar dan juga Piaget menekankan bahwa bermain itu sangat penting, dari bermain anak-anak bisa mendapatkan pengetahuan. Yang harus kita ketahui, bahwa Piaget melakukan riset selama 40 tahun dengan cara observasi kepada ketiga anaknya, hal ini yang membuat banyak kritikan juga untuk teori Piaget. Ada beberapa kritikan terhadap teori Piaget diantaranya peran guru sangatlah penting dalam proses pembelajaran, sebagai penguatan dan bisa membuat anak lebih mengeksplore pengetahuannya dengan melakukan kegiatan open-ended, karena Piaget hanya melihat dari pengalaman anak saja. Bagaimana peran guru? Guru sebagai fasilitator pembelajaran yang bertugas diantaranya:
1.      Menyiapkan material atau media pembelajaran yang membuat anak penasaran dan membuat adanya interaksi anak dengan pelajaran atau lingungannya.
2.      Menyediakan tempat yang aman dan nyaman untuk anak-anak belajar.
3.      Menyiapkan kegiatan pembelajaran dengan mempersiapkan pertanyaan-pertanyaan yang bersifat open ended (dimana tidak ada jawaban benar dan salah).
Dilihat juga dari tahapan perkembangan kognitif, anak dengan alaminya bisa melalui tahapan perkembangan tersebut, tapi untuk patokan umur seiring berjalannya waktu dan perkembangan anak yang berbeda-beda umur yang terrcantum bukanlah menjadi patokan pasti dalam pengalaman dilapangan.
Referensi:
Theorie of childhood by Carol Garhart Mooney

Psikologi Pendidikan by John W. Santrok

Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Belajar bahasa Korea] Huruf Korea (Hangul)

Konsonan : §   ㄱ   ==> G §   ㄴ   ==> N §   ㄷ   ==> D §   ㄹ   ==>  R §   ㅁ   ==>  M §   ㅂ   ==>  B §   ㅅ   ==>  S §   ㅇ   ==>  NG §   ㅈ   ==> J §   ㅊ   ==> CH §   ㅋ   ==> Q §   ㅌ   ==> TH §   ㅍ   ==> PH §   ㅎ   ==> H §   ㄲ   ==> K §   ㄸ   ==> T §   ㅃ   ==> P §   ㅆ   ==> SS §   ㅉ   ==> C Catatan : Untuk konsonan ㄱ , ㄷ , ㅂ , ㅅ , dan ㅈ bila terletak pada awal kata akan di baca double ( ㄲ , ㄸ , ㅃ , ㅆ , dan ㅉ ) Vokal : §   아    ==> A      : Anak §   야    ==> YA   : Ya §   어    ==> Oe    : Order, Cowok §   여    ==> Yoe : Yogyakarta §   오    ==> O       : Go §   요    ==> Yo   : Loyo §   우    ==> U      : Untuk §   유    ==> YU   : Sayur §   으    ==> EU    : Enyah §   이    ==> I        : Indah §   애    ==> AE    : Elok §   얘    ==> YAE §   에    ==> E       : Enak §   예    ==> YE §   외    ==> OI ==> WE ( merupak

MUSIK DAN GHAZWUL FIKRI: Illuminati Dalam Lirik Lagu Dan Musik Video Lagu Boyband Shinee dan Exo

MUSIK DAN GHAZWUL FIKRI: Illuminati Dalam Lirik Lagu Dan Musik Video Lagu Boyband Shinee dan Exo Diajukan untuk memenuhi salah satu tugas pada mata kuliah Seminar Pendidikan Agama Islam oleh Desi Irmayanti BAB I PENDAHULUAN A.            LatarBelakang Industri hiburan saat ini sangat marak digemari terutama karena faktor kejenuhan yang dialami oleh manusia, oleh sebab itu manusia lebih memilih meluangkan waktunya untuk mencari hiburan dan kesenangan demi   menghindari stress. Industri hiburan sendiri ada yang berupa permainan seperti taman bermain atau wisata alam, permainan ( games ), serta ada yang berupa media elektonik seperti televisi dan musik. Yang saat ini bisa kita jumpai adalah maraknya industri musik yang masuk ke Indonesia, jika kita menaiki kendaraan umum banyak sekali orang yang menutup telinganya dengan headset dan tayangan televisipun dipenuhi oleh acara musik. Industri musik yang sedang menjamur dibelahan dunia ini adalah musik yang berasal dari n

STUDI ETHNOMATHEMATICS LIDIMATIKA DALAM KONSEP PERKALIAN PADA SISWA KELAS IV SDIT WIDIYA CENDIKIA, Serang-Banten

ini adalah tulisan salah satu tugas mata kuliah sewaktu semester 7, tahun 2013 semoga bisa bermanfaat dan menjadi salah satu referensi bagi yang mau menulis tentang ethnomathemaric ^^ STUDI ETHNOMATHEMATICS LIDIMATIKA DALAM KONSEP PERKALIAN PADA SISWA KELAS IV SDIT WIDIYA CENDIKIA oleh Desi Irmayanti  A.   PENDAHULUAN Matematika sebagai ilmu yang terstruktur dan sistematis, sebagai suatu kegiatan manusia melalui proses yang aktif, dinamis, dan generatif, serta sebagai ilmu yang mengembangkan sikap berpikir kritis, objektif dan terbuka menjadi sangat penting untuk dimiliki seseorang dalam menghadapi perkembangan IPTEK yang terus berkembang saat ini. Ditambah dengan menghadapi kurikulum yang semakin berkembang, untuk konsep sendiri matematika tidak akan jauh berbeda dari sebelumnya hanya saja akan ada metode yang terus berkembang sebagai inovasi pembelajaran matematika, seperti halnya menyesuaikan dengan kurikulum yang berubah dari KTSP menjadi kurikulum berkarakter yang mula